Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Cukup Hilirisasi, Anies Janjikan Terobosan Genjot Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 08 November 2023, 20:21 WIB
Tak Cukup Hilirisasi, Anies Janjikan Terobosan Genjot Ekonomi
Bakal Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan pada Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, di Menara Bank Mega, Jakarta/Ist
rmol news logo Hilirisasi yang dijalankan pemerintah selama ini dinilai belum cukup untuk menggenjot ekonomi dalam negeri.

Bakal Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, janji membuat terobosan, jika diberi mandat sebagai Presiden 2023, dengan menggagas reindustrialisasi.

Dengan begitu hilirisasi yang dilakukan akan bisa mendorong penciptaan lapangan kerja lebih besar.

"Kita harus lanjutkan hilirisasi, sambil mendorong reindustrialisasi yang teman-teman ekonom sering ungkap," kata Anies pada Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (8/11).

Capres yang diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa, itu berpandangan, reindustrialisasi juga bisa mendorong tambahan kas negara.

"Hilirisasi tidak usah dihentikan, tapi itu tidak cukup. Harus ada reindustrialisasi, yang mudah-mudahan bisa menciptakan 15 juta lapangan pekerjaan di lima tahun ke depan," sambungnya.

Hilirisasi yang digagas Presiden Joko Widodo, menurut Anies, berhasil menambah pendapatan Indonesia menjadi lebih besar. Sebab negara tidak lagi menjual barang mentah.

Hilirisasi merupakan proses transformasi ekonomi berkelanjutan, di mana kebijakan industrialisasi berbasis komoditas bernilai tambah tinggi menuju struktur ekonomi yang lebih kompleks.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA