Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejumlah Purnawirawan TNI Gabung TPN Ganjar-Mahfud, Ada Mantan Kepala BAIS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 01 November 2023, 18:55 WIB
Sejumlah Purnawirawan TNI Gabung TPN Ganjar-Mahfud, Ada Mantan Kepala BAIS
Rapat Pimpinan Parpol Koalisi Capres-cawapres Ganjar-Mahfud di Gedung TPN Ganjar-Mahfud, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu(1/11).
rmol news logo Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Pranowo, Arsjad Rasjid, mengumumkan anggota baru yang bergabung di TPN Ganjar-Mahfud.

Ada nama mantan KaBAIS dan purnawirawan TNI AL serta TNI AU yang juga masuk TPN Ganjar-Mahfud.

"Saya perkenalkan Kepala Badan Intelijen Strategis (KaBAIS) TNI periode 2020-2022 Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto ikut memperjuangkan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud," kata Arsjad Rasjid usai Rapat Pimpinan Parpol Koalisi Capres-cawapres Ganjar-Mahfud di Gedung TPN Ganjar-Mahfud, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu(1/11).

Letjen (Purn) Joni Supriyanto merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1986, memiliki karir yang panjang di TNI. Jabatan terakhir Joni Supriyanto adalah Kepala Badan Intelijen Strategis atau KaBAIS TNI Tahun 2020-2022.

Sebelumnya, Joni menjabat sebagai wakil BAIS TNI Tahun 2017-2018, Pangdam Jaya Tahun 2018-2019 dan Kasum TNI Tahun 2019-2020.

"Pak Joni akan memperkuat tim pemenangan Ganjar-Mahfud sebagai wakil ketua bersama dengan wakil ketua lainnya," jelasnya.

Selain Joni, sejumlah jenderal TNI purnawirawan juga ikut bergabung di TPN Ganjar-Mahfud. Di antaranya yakni, Laksamana Madya TNI (Purn) Desi Albert Mamahit dan Marsekal Madya TNI (Purn) Tatang Harlyansyah. Desi dan Tatang juga menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud.

Laksamana Madya TNI (Purn) Desi Albert Mamahit adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Laut lulusan AAL tahun 1984.

Dalam karir militernya, Desi pernah bertugas sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia yang dilantik Presiden Joko Widodo pada 27 Mei 2015.

Selain itu, Desi juga pernah mengemban Tugas sebagai Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia dan pernah juga bertugas sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Danseskoal) tahun 2013.

Sebelumnya, pada Tahun 2012, Desi menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran (Waasrena) KSAL dan pada 2011 menjabat sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguskamlabar).

Selanjutnya, Marsekal Madya TNI (Purn) Tatang Harlyansyah adalah seorang purnawirawan TNI-AU yang mengakhiri masa baktinya pada 31 Januari 2022 setelah 35 Tahun Pengabdian.

Terakhir kali, Tatang Harlyansah menjabat sebagai Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara atau Kodiklat TNI AU yang bermarkas di Halim Perdana Kusuma.

Tatang yang memiliki call sign penerbang "Phyton" merupakan lulusan AAU 1987. Selain pengalaman karir yang panjang di TNI AU, Tatang juga berprestasi di akademik selama sekolah kemiliteran tidak sedikit juara yang didapat. Yakni, di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara, dan Sekolah Komando TNI berturut-turut dan mendapat penghargaan sebagai Lulusan Terbaik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA