Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Ngaku Tak Dikasih Indikator Kelolosan Kesehatan Capres-Cawapres oleh KPU

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 21 Oktober 2023, 12:16 WIB
Bawaslu Ngaku Tak Dikasih Indikator Kelolosan Kesehatan Capres-Cawapres oleh KPU
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat/RMOL
rmol news logo Pengawasan terhadap kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) presiden dan wakil presiden 2024 akan diawasi melekat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Namun demikian, Bawaslu mengeluhkan tugas pengawasan tersebut tidak dilengkapi dengan indikator dalam menentukan lolos tidaknya calon berdasarkan kriteria Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Bawaslu yang harus cari tahu (indikator-indikator tes kesehatan yang menentukan lolos tidaknya bapaslon). Itu yang harus kami cari tahu," ujar Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dalam jumpa pers di Lobi Unit Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10).

Hingga saat ini, Bagja mengaku tidak ada komunikasi atau pemberitahuan dari KPU mengenai indikator kelolosan tes kesehatan bacapres dan bacawapres.

Padahal menurutnya, indikator-indikator tersebut objek pengawasan yang mesti diketahui Bawaslu, supaya proses tes kesehatan berjalan adil dan tidak ada intervensi.

"Kita harus ngomong tidak (mendapat indikator tes kesehatan). Nanti kalau saya ngomong tahu, jadi masalah. Kami mengawasi, mungkin KPU inginnya kami yang aktif. Ya pasti kami aktif lah," tambahnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA