Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arsul Sani Ikut Fit and Proper Test Calon Hakim MK, Bambang Pacul: Tidak Ada di Dunia Ini yang Tak Ada Conflict of Interest-nya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 25 September 2023, 14:18 WIB
Arsul Sani Ikut Fit and Proper Test Calon Hakim MK, Bambang Pacul: Tidak Ada di Dunia Ini yang Tak Ada <i>Conflict of Interest</i>-nya
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul/RMOL
rmol news logo Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul merespons santai keikutsertaan Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PPP Arsul Sani dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon hakim konstitusi di Komisi III DPR RI, Senin (25/9).

Mengenai netralitas Komisi III DPR terhadap Arsul Sani yang ikut dalam fit and proper test, Pacul menegaskan bahwa aspek terpenting dalam proses ini adalah proper atau kepatutan.

“Nomor satu, fit and proper itu artinya, fit itu pas, proper perpatut. Patut apa enggak pasti punya ukuran. Hari ini yang susah adalah membuat kepatutan, itu patut apa enggak tadi? Nah fit itu mampu gak iki (ini), udah fit belum dengan jabatannya? kan begitu loh,” ujar Pacul kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/9).

Lagi pula, kata Pacul, mekanisme fit and proper test digelar secara terbuka untuk umum. Publik bisa menyaksikan langsung proses fit and proper test calon hakim MK.

Di sisi lain, para hakim MK ada kepentingan politiknya di samping kepentingan hukum. Berkenaan dengan itu, perkawinan antara hukum murni, dan kebijakan politik harus dipahami oleh para calon hakim MK.

“Oleh karena itu, ada saat bagi kami untuk hakim MK paham keputusan politik. Kita recall itu DPR punya kewenangan untuk hal itu,” tuturnya.

Saat disinggung lebih jauh mengenai adanya potensi konflik kepentingan atau conflict of interest, Pacul mengatakan bahwa di dunia ini tidak ada orang yang tidak terlibat conflict of interest.

“Tidak ada di dunia ini yang tidak ada conflict of interest-nya. Conflict of interest ada, tetapi patut apa tidak? Itu yang penting patut opo ora? Nek aku naksir wong ayu, naksirr, patut enggak kalau itu udah isteri orang? itulah kepatutan, understand?” demikian Pacul.

Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon hakim konstitusi pada hari ini, Senin (25/9).

Fit and proper test diikuti oleh delapan calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka adalah Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, Putu Gede Arya, Abdul Latif, Haridi Hasan, dan Arsul Sani.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA