Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendagri Lantik 9 Penjabat Gubernur, Termasuk Jabar dan Jateng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 05 September 2023, 12:31 WIB
Mendagri Lantik 9 Penjabat Gubernur, Termasuk Jabar dan Jateng
Pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur di 9 wilayah provinsi/RMOL
rmol news logo Pelantikan penjabat (Pj) Gubernur di 9 wilayah provinsi digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), termasuk untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pelaksanaan pelantikan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (5/9).

"Masa jabatan pejabat lama, (ada) 9 (gubernur) itu berakhir di tanggal 5 (September 2023)," ujar Tito dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, pada bulan September terdapat beberapa kepala daerah yang masa jabatannya habis.

Untuk 9 gubernur yang habis masa jabatannya pada hari ini misalnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selama masa tenggang menuju Pilkada Serentak 2024 yang digelar pada November 2024, kursi Ridwan Kamil digantikan Bey Triadi Machmudin yang merupakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

Sementara, kursi Gubernur Jawa Tengah yang ditingga Ganjar akan diisi Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana yang merupakan Inspektur Utama Setjen DPR RI.

Selain itu, kursi Gubernur Sumatera Utara yang diperoleh Edy Rahmayadi pada Pilkada 2018 lalu digantikan Mayjen TNI (Purn) Hasanudin yang pernah menjabat Wakil Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat.

Kemudian, Gubernur Bali Wayan Koster juga berakhir masa jabatannya pada hari ini, dan digantikan Irjen Pol (Purn) Sang Made Mahendra Jaya yang menjabat Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum.

Kemudian, Gubernur NTT Viktor Laiskodat juga berakhir masa jabatannya dan digantikan Ayodhia G. L. Kalake, yang merupakan Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Untuk kursi Gubernur Kalimantan Barat yang sebelum hari ini diemban Sutarmidji dialihkan kepada Harison yang sempat menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Kemudian, Gubernur Sulawesi Selatan yang dijabat hingga kemarin oleh Andi Sudirman Sulaiman digantikan oleh Bahtiar yang diketahui sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Sedangkan kursi Gubernur Sulawesi Tenggara yang habis dijabat oleh Ali Mazi, per hari ini resmi digantikan Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto yang mengemban amanat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Adapun penjabat kepala daerah yang dilantik Tito pada hari ini ialah Pj. Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun yang merupakan pelaksana harian (Plh) Gubernur Papua, menggantikan Lukas Enembe yang ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek infrastruktur yang bersumber dari APBD Papua. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA