Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Cawapres Anies Baswedan, Nasdem Cirebon: Kalau Perempuan dari Jatim, Cocok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 13:23 WIB
Soal Cawapres Anies Baswedan, Nasdem Cirebon: Kalau Perempuan dari Jatim, Cocok
Ketua DPD Nasdem Kabupaten Cirebon, Asep Zaenudin Budiman/RMOLJabar
rmol news logo Ada keinginan dari kader Partai Nasdem di daerah terkait bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan. Keinginan itu adalah bacawapres Anies adalah sosok perempuan.

"Harapannya sih, Cawapresnya nanti dari Jawa Timur. Apalagi kalau perempuan. Kan cocok," kata Ketua DPD Nasdem Kabupaten Cirebon, Asep Zaenudin Budiman, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (29/8).

Asep mengatakan, harapan dari kader di daerah patut untuk diperjuangkan. Mengingat, bukan kali pertama, Indonesia dipimpin perempuan. Jauh sebelumnya, yakni pada 2001-2004, sudah pernah mengalami.

"Saat itu, Indonesia dipimpin oleh tokoh perempuan, Ibu Megawati Soekarnoputri. Mudah-mudahan ke depan, harapan kami bisa masuk. Cawapresnya perempuan dari Jatim," ujarnya.

Asep beralasan Cawapres harus dari Jatim, karena ingin meraih simpatik warga Nahdliyin. Pun melihat jumlah penduduk terbanyak kedua di pulau Jawa, adalah Jatim.

Di Jatim sendiri, sudah ada dua nama dari kalangan perempuan yang ramai diperbincangkan. Ada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang lebih dikenal dengan Yenny Wahid.

"Keduanya digadang-gadang sedang diincar sejumlah parpol. Khofifah sendiri dalam beberapa pernyataan politiknya, mengaku sudah ada beberapa parpol yang menjalin komunikasi terkait peluangnya menjadi cawapres," ujarnya.

Asep mengungkapkan, putri Presiden keempat Republik Indonesia Abdurrahman Wahid tersebut sempat mengaku, memiliki kedekatan khusus dengan Capres yang diusung Nasdem.

"Nah kan pilihannya, bisa Khofifah bisa juga Yenny Wahid," kata Asep.

Asep memastikan, jika kader di daerah solid mendukung keputusan apapun dari partai koalisi perubahan. Pihaknya pun tidak merasa khawatir, dengan koalisi gemuk di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Pihaknya optimistis, kandidat Capres yang telah diusung koalisi perubahan, bisa menang.

"Biarpun di Kabupaten Cirebon mungkin perolehannya tidak terlalu signifikan. Tapi kami meyakini, kalau Anies pasti menang," ujarnya.

Berkaca dari perkembangan terakhir, Asep meyakini Pilpres diprediksi akan digelar dengan tiga pasang calon. Yakni, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Kalau tiga pasang calon, bisa dipastikan dua putaran. Kami pasti bisa mendapatkan suara signifikan. Target kami pokoknya bisa meraih 50 persen," tutupnya.  rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA