Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Minta Pemerintah Serius Urus Investasi Kebudayaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 12:58 WIB
Anies Minta Pemerintah Serius Urus Investasi Kebudayaan
Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Bangsa Indonesia memiliki potensi besar dalam seni dan kebudayaan, bahkan kuliner. Pemerintah pun diminta lebih serius dalam mengembangkan sektor-sektor tersebut.

Hal ini disampaikan bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, saat menyampaikan kuliah kebangsaan di Universitas Indonesia (UI), Selasa kemarin (29/8).

"Indonesia ketika bicara produk Gastronya, ini best dessert in the world, nomor satu pisang goreng, itu CNN World Best Food, nomor satu rendang, nomor dua nasi goreng, look. Berikutnya coba, best eaten sop in Indonesia, nomor satu rawon, nomer dua gulai cincang," ujarnya.

Anies lantas meminta pemerintah mengubah mindset untuk tidak memandang kebudayaan sebagai aktivitas yang harus menghasilkan return komersial secara instan.

Tetapi memandang hal tersebut sebagai investasi untuk memajukan bangsa untuk menjadikan kebudayaan yang bisa dibanggakan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian menyinggung negara Korea Selatan yang serius mengurusi bidang kebudayaan hingga bisa mendunia.

"Kita potensinya besar, tapi intervensi negara di bidang kebudayaan belum besar," tutup Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA