Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Muktamar Sufi Internasional, Jokowi Singgung Intoleransi Masih Terjadi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 29 Agustus 2023, 18:42 WIB
Buka Muktamar Sufi Internasional, Jokowi Singgung Intoleransi Masih Terjadi
Presiden Joko Widodo saat membuka Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8)/Ist
rmol news logo Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi Muktamar Sufi Internasional 2023, di Sahid International Convention Centre, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8).

Dalam sambutannya, sosok yang akrab disapa Jokowi itu menekankan pentingnya kerukunan dan kesatuan di tengah keragaman yang ada di Indonesia dan dunia pada umumnya.

“Terima kasih (kepada Ulama) karena telah mengajarkan, senantiasa mengajarkan kerukunan, kedamaian, keharmonisan, toleransi di tengah keberagaman kita dan persatuan di tengah perbedaan-perbedaan yang kita miliki,” ujar Jokowi.

Namun, Jokowi tidak memungkiri masih adanya kasus intoleransi di tengah masyarakat Indonesia saat ini. Hal ini harus menjadi perhatian bersama untuk meningkatkan toleransi agar perdamaian Indonesia dan dunia tetap terjaga.

“Saya percaya amalan tasawuf punya peran penting yang selalu hadir dengan nilai-nilai humanisme yang universal dengan prinsip Islam wasathiyah, Islam yang moderat yang akan semakin memperkokoh toleransi, persatuan, dan kesatuan,” tuturnya.

Menutup sambutannya, Kepala Negara berharap muktamar ini dapat menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia Islam serta menuntun umat muslim ke arah perbaikan dan kebaikan.

“Mari kita terus merawat kerukunan, merawat toleransi, menolak ujaran kebencian, menolak fitnah dan hoaks, terus berzikir dan mendoakan persatuan dan keselamatan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA