Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Program Julela, Cara Berdayakan Lansia dalam Wirausaha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 26 Agustus 2023, 22:51 WIB
Program Julela, Cara Berdayakan Lansia dalam Wirausaha
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menyambangi Green House Perhimpunan Tani Pancoran (Petapa) RW 04, Jakarta Selatan/Ist
rmol news logo Pengembangan program wirausaha tidak hanya menyasar kalangan usia muda. Tetapi, kalangan lanjut usia (Lansia), juga punya potensi untuk mendapatkan penghasilan dengan berwirausaha.

Komitmen memberdayakan lansia dalam wirausaha, salah satunya dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melalui program "Wirausaha Praktis Juragan Lele Lalap" (Julela) di Pancoran, Jakarta Selatan pada Sabtu (26/8/23).

"Melalui program Julela ini akan meningkatkan ekonomi di masyarakat, untuk yang lansia selain mendapatkan manfaat ekonomi juga akan mendapat manfaat kesehatan yaitu terapi supaya lebih produktif," ujar Sandiaga.

Pada kesempatan ini, Sandiaga turut berbincang dengan Ketua Ikatan Masyarakat Pancoran Lanjut Usia (Impala), Kurniawan.

Kepada Sandiaga, Kurniawan mengatakan budidaya lele yang berlokasi Green House Perhimpunan Tani Pancoran (Petapa) RW 04 ini, telah ada sejak tahun 2007 dan mempunyai anggota puluhan lansia.

Mendengar hal itu, Sandiaga optimis untuk mendorong peluang di Green House Petapa RW 04, Sandiaga langsung memberikan bantuan untuk mengembangkan potensi yang sudah ada.

"Kita beri bantuan tambahan tiga kolam bioflok dengan diameter 200 cm, 2.250 bibit ikan lele dan pakan ikan hingga panen. Tentu juga kita beri pendampingan dan pelatihan budidaya ikan lele," katanya.

Pada kesempatan itu, Sandiaga yang juga Ketua Bappilu Nasional PPP, kembali menegaskan program ini sebagai cara untuk percepatan ekonomi di Indonesia.

"Karena ini juga bisa membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan targetnya 4,4 juta di tahun 2024 dengan salah satunya program Juragan Lele ini," demikian Sandiaga.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA