Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Biasa, Menko Airlangga Groundbreaking Pabrik Tekstil Bareng Mendag Singapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 18 Agustus 2023, 20:48 WIB
Tak Biasa, Menko Airlangga <i>Groundbreaking</i> Pabrik Tekstil Bareng Mendag Singapura
Peletakan batu pertama atau groundbreaking pabrik tekstil di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah, Jumat (18/8)/Ist
rmol news logo Peletakan batu pertama atau groundbreaking dilakukan pemerintah terhadap pabrik tekstil, PT Dongjin Textile Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah, Jumat (18/8).

Groundbreaking industri di KEK ini lain dari biasanya karena dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gam Ki Yong beserta delegasi kedua negara.

Seremonial tersebut dilakukan setelah keduanya menggelar The 13th Ministerial Meeting of the Indonesia-Singapore Six Bilateral Economic Working Groups di Semarang, Jawa Tengah.

“Ini pertama kalinya meeting dengan enam working groups dan secara langsung dilanjutkan dengan site visit. Jadi, kita tidak hanya meeting, tetapi kita juga walk the talk,” tegas Menko Airlangga.

Airlangga menuturkan, Kendal Industrial Park (KIP) yang telah ditetapkan sebagai KEK menunjukkan kemajuan signifikan sejak diresmikan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong pada November 2016 silam.

Hingga Juli 2023, KIP telah menarik 90 investor dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, China, Taiwan, Jerman, hingga Hong Kong dengan mengumpulkan investasi hingga 3,37 miliar dolar AS dan menciptakan hampir 30 ribu lapangan kerja.

Sementara itu, PT Dongjin Textile merupakan salah satu supplier utama produk sepatu dan apparel. Pabrik ini menjadi yang bangunan kedua yang dibangun perusahaan tersebut di Indonesia.

“Pendirian pabrik ini diharapkan menambah investasi dan kepercayaan terhadap Kawasan Industri dan KEK di Kendal,” pungkas Menko Airlangga.

Selain Airlangga dan Gam Ki Yong, turut hadir pula Bupati Kendal, Dico M Ganinduto; Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso; Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, beserta delegasi Indonesia-Singapura dan jajaran PT Dongjin Textile Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA