Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Terkendala Cuaca, Menko PMK Serahkan Bantuan untuk Warga Papua Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 15:26 WIB
Sempat Terkendala Cuaca, Menko PMK Serahkan Bantuan untuk Warga Papua Tengah
Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan bantuan untuk warga Papua Tengah/Ist
rmol news logo Bencana kekeringan dan kelaparan yang terjadi di Distrik Agandugume, Lambewi, dan Oneri, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, mendapat perhatian khusus dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Bersama Kepala BNPB Suharyanto, Muhadjir menyerahkan bantuan logistik kepada masyarakat di Bandara Mozes Kilangin Timika. Penyerahan bantuan disaksikan langsung Bupati Puncak, Wilem Wandik.  

Semula bantuan akan diserahkan langsung ke lokasi bencana di Distrik Agandugume. Tetapi batal dilakukan karena terkendala cuaca yang tidak memungkinkan untuk penerbangan ke Kabupaten Puncak.

"Saya harapkan kerja sama di tempat ini betul-betul tidak ada gangguan di lapangan, termasuk kita mengirim barang bantuan agar betul-betul sampai pada mereka yang membutuhkan," ujar Muhadjir lewat keterangan resminya, Kamis (3/8).

Bantuan yang diserahkan yaitu Dana Siap Pakai (DSP) berupa dukungan logistik, peralatan untuk penanganan darurat bencana kelaparan. Rincian bantuan yang diberikan Menko PMK dalam kesempatan itu beras 50 ton, makanan siap saji 10.000 paket, rendang kemasan 3.000 paket, dan susu protein 3.000 paket.

Selanjutnya sembako 3.000 paket, tenda gulung 2.000 pcs, selimut 10.000 pcs, matras 2.000 pcs, kasur lipat 2.000 pcs, pakaian anak 2.000 pcs, pakaian dewasa 2.000 pcs, tenda pengungsi 4 unit, genset 20 unit, dan motor trail 3 unit.

Bantuan lainnya juga telah disalurkan oleh pihak Kementerian Sosial, BNPB, dan TNI. Dia berharap seluruh pihak termasuk swasta bisa ikut membantu dalam penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

"Kita harapkan bisa saling melengkapi bantuan dari TNI, Kemensos, BNPB dan pihak swasta seperti PT Freeport dan perusahaan swasta  lainnya bisa berpartisipasi. Ini betul-betul untuk menyelamatkan saudara kita yang ada di tiga distrik agar terlepas dari bencana yang sangat tidak kita inginkan," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA