Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polemik Seleksi di Jakpus, Komisi II Pertanyakan Profesionalitas Bawaslu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Juli 2023, 14:17 WIB
Polemik Seleksi di Jakpus, Komisi II Pertanyakan Profesionalitas Bawaslu
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus/Net
rmol news logo Polemik seleksi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jakarta Pusat (Jakpus) dikomentari anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus.

"Saya tentu prihatin dengan hal tersebut. Harusnya tim seleksi bisa lebih profesional lagi dalam melakukan perekrutan peserta seleksi Bawaslu," ujar Guspardi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (31/7).

Dia mengatakan, dua nama calon anggota Bawaslu Jakpus yang potensi bermasalah yaitu Christian Nelson Pangkey yang merupakan ASN yang dipecat tidak hormat, dan Budi Iskandar Pulungan yang merupakan keluarga dari timses Jokowi Maruf Amin

Kata Guspardi, Pemilu 2024 harus berjalan dengan baik. Sehingga penyelenggara pemilu, utamanya Bawaslu harus dijabat oleh orang yang kompeten dan berintegritas.

"Karena bagaimanapun penyelenggara pemilu nantinya haruslah dipegang oleh orang-orang yang kompeten dan berintegritas dan bukan dari titipan partai politik manapun" kata Guspardi.

Sehingga, politisi PAN asal Sumatera Barat itu meminta tim seleksi harus obyektif dan melakukan penilaian yang juga didasari integritas.

"Saya menyayangkan akan integritas dari Timsel itu sendiri yang keluar dari koridor" tegasnya.

Persoalan seleksi anggota Bawaslu Jakpus ditemukan Jakarta Election Watch (JEW), dalam pengawasan proses seleksi yang dilakukan Tim Seleksi bentukan Bawaslu RI.

"Sangat disayangkan tim seleksi Bawaslu Jakpus bisa kebobolan hingga 2 calon yang bermasalah lolos tahap tes tulis 20 besar," ujar Koordinator JEW Wahyu Ramdhani kepada wartawan, Senin (24/7). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA