Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kesediaan LBP Jadi Ketum Berpeluang Buat Golkar Terbelah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 21 Juli 2023, 06:32 WIB
Kesediaan LBP Jadi Ketum Berpeluang Buat Golkar Terbelah
Agus Gumiwang Kartasasmita, Airlangga Hartarto dan Luhut Binsar Pandjaitan/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku siap menjadi ketua umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Menurut analis politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga, kesiapan LBP itu memberi angin segar kepada pihak internal Golkar yang menginginkan Munaslub.

“Anggota Dewan Pakar Golkar yang menghembuskan Munaslub seolah mendapat gayung bersambut dari LBP,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (21/7).

Jamiluddin berpendapat, meskipun LBP menyatakan tidak ingin berkelahi dengan Airlangga Hartarto, namun dengan kesediaannya maju menjadi calon Ketum tentu dapat membuat Golkar menjadi terbelah.

“Pendukung Airlangga berpeluang besar berhadap-hadapan dengan pendukung LBP. Hal itu tentunya membuat internal Golkar tidak kondusif. Situasi demikian akan melemahkan Golkar dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2024,” ujarnya.

“Golkar tentunya akan semakin terpuruk bila Munaslub dilaksanakan di tahun politik. Sebab, Munaslub pastinya akan membuat keterbelahan di internal Golkar,” imbuhnya.

Pihaknya menilai ide Munaslub di tahun politik ini tentu dapat membawa petaka pada Golkar.

“Golkar akan tidak siap menghadapi Pileg dan Pilpres, yang dapat berakibat pada turunnya perolehan suara pada Pemilu 2024,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA