Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akui Banyak Kekurangan, Puan: Penyelenggaraan Haji Perlu Dievaluasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 03 Juli 2023, 21:55 WIB
Akui Banyak Kekurangan, Puan: Penyelenggaraan Haji Perlu Dievaluasi
Puan Maharani/Ist
rmol news logo Pelaksanaan ibadah haji 1444 H menyisakan sejumlah catatan untuk dievaluasi, khususnya terkait fasilitas dan pelayanan.

“Saya banyak mendapat masukan, banyak sekali jemaah yang fasilitas atau kenyamanannya itu belum bisa dilengkapi atau dilakukan secara baik sesuai harapan kita semua," kata Ketua DPR RI, Puan Maharani, lewat keterangan resmi, Senin (3/7).

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan itu, penambahan kuota haji dari Arab Saudi untuk jemaah Indonesia ternyata tidak dibarengi kesiapan fasilitas dan pelayanan.

Puan memandang, kekurangan itu bukan hanya kesalahan dari Pemerintah Indonesia, tapi juga Pemerintah Saudi.

“Jadi, ke depan, terkait pelayanan dan fasilitas serta kuota tambahan jemaah haji sama-sama kita evaluasi bersama, Insya Allah tahun depan tidak terulang lagi,” kata Mantan Menko PMK itu.

Seperti diketahui, Timwas Haji DPR telah menemukan sejumlah catatan terkait pelaksanaan haji kali ini. Salah satunya soal mashariq (penyedia layanan haji dari Arab Saudi).

Timwas Haji DPR menilai layanan mashariq tidak memenuhi komitmen selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, terutama soal kapasitas tenda dan kamar mandi.

Timwas juga menyoroti distribusi asupan makanan bagi jemaah haji saat di Mina yang sering terlambat.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA