Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SMRC: AHY Paling Kompetitif jadi Pendamping Anies Baswedan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 29 Juni 2023, 19:24 WIB
SMRC: AHY Paling Kompetitif jadi Pendamping Anies Baswedan
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yuhdoyono/Net
rmol news logo Peluang calon presiden (Capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Rasyid Baswedan memperoleh berkah elektoral dari sosok Calon Wakil Presiden, yakni pergeseran dari sosok Sandiaga Salahuddin Uno ke Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Peneliti senior Saiful Mujani mengamati, Anies punya peluang meraup suara cukup banyak jika dipasangkan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

“Yang kompetitif untuk menjadi Cawapres Anies adalah Sandiaga Uno dan AHY,” ujar Saiful Mujani dalam siaran pers yang ditayangkan melalui kanal Youtube Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Kamis (29/6).

Dia menjelaskan, dalam survei nasional SMRC pada Mei 2023 mencatat, Anies bisa mendapat suara lebih banyak jika disandingkan dengan Sandiaga Uno ketimbang AHY.

“(Sebanyak) 21,9 persen menilai Sandiaga Uno sebagai calon wakil presidennya yang paling baik; sementara AHY 16,7 persen,” urainya.

Namun melihat perkembangan politik sekarang ini, Saiful Mujani menganggap peluang Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno sulit terjadi.

“Survei ini dilakukan sebelum Sandiaga Uno bergabung dengan PPP. Karena itu, nama Sandiaga sekarang tidak bisa dianalisis sebagai calon Wapres Anies, karena partainya sudah mendukung Ganjar,” katanya.

“Karena itu, jika Sandiaga Uno dikeluarkan, maka AHY yang paling kompetitif untuk menjadi pendamping Anies. Selisih suaranya dengan tokoh lain cukup signifikan,” demikian Saiful Mujani menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA