Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapuspen TNI: Video “Dukungan TNI untuk Anies” adalah Hoax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 18 Juni 2023, 08:38 WIB
Kapuspen TNI: Video “Dukungan TNI untuk Anies” adalah Hoax
Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono/Net
rmol news logo Video berjudul “Dukungan TNI untuk Anies” yang diunggah akun Facebook Fredi Anto adalah hoax alias kabar bohong. Penegasan ini disampaikan Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono setelah pihaknya menemukan peredaran video tersebut pada Jumat (16/6).

Julius mengurai bahwa video itu telah diunggah pada tanggal 7 Juni. Mabes TNI lantas melakukan penyelidikan terhadap akun Facebook Fredi Anto.

“Akun Facebook Fredi Anto juga terhubung dengan akun Facebook Tubari Arii dan akun Youtube Relawan Anies Baswedan,” ujar Laksda TNI Julius Widjojono kepada wartawan, Sabtu (17/6).

Dia mengurai bahwa akun Facebook Fredi Anto sering memposting video dengan narasi bahwa TNI mendukung Anies Baswedan. Hal itu, sambungnya, adalah informasi bohong, sebab isi dari video hanya berupa potongan dari beberapa video yang diedit dan dijahit.

Hal penyelidikan TNI mengurai bahwa akun Facebook Fredi Anto memposting video editan dari beberapa kegiatan Relawan Anies Baswedan pada acara Pengukuhan Pengurus di Semarang tanggal 17 Desember 2022. Kala itu Mayor (Purn) Yoyok Riyo Sudibyo yang merupakan Bupati Batang periode 2012 hingga 2017, selaku koordinator purnawirawan TNI tampil sebagai pembicara.
 
Sejumlah cara telah dilakukan Mabes TNI untuk memutus peredaran video hoax "Dukungan TNI untuk Anies" dengan melaksanakan kontra opini.

“Mabes TNI dalam hal ini Satsiber TNI juga telah membuat surat kepada Dirjen Aptika Kemenkominfo untuk pembuatan label hoax terhadap akun facebook tersebut, TNI berkomitmen untuk setia menjaga netralitas sesuai UU,” pungkas Perwira tinggi TNI berbintang dua ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA