Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Musim Kampanye, Airlangga Wanti-wanti Penyalahgunaan AI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 12 Juni 2023, 15:07 WIB
Jelang Musim Kampanye, Airlangga Wanti-wanti Penyalahgunaan AI
Ketua Dewan Pembina Golkar Institute, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Bagi sebagian orang, kehadiran kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang semakin pesat justru memunculkan kekhawatiran. Ada ketakutan bahwa AI akan mengambil alih pekerjaan manusia.

Menyikapi hal ini, Golkar Institute menggelar diskusi publik bertajuk "Kecerdasan Buatan: Tantangan dan Peluang Bagi Indonesia" pada Senin (12/6).

Ketua Dewan Pembina Golkar Institute, Airlangga Hartarto menjelaskan, beberapa jenis pekerjaan dan tugas yang sebelumnya tidak tergantikan oleh mesin saat ini sudah bisa dikerjakan dengan AI.

"Pada titik tertentu kemampuan manusia untuk menghasilkan karya sudah dapat ditiru oleh mesin dan tentu ini jadi perhatian bersama, Golongan Karya atau orang-orang yang menghasilkan karya," kata Airlangga.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar itu, di satu pihak AI membuat hidup manusia lebih mudah, produktif, dan berkualitas.

Di sisi lain, AI juga menimbulkan kecemasan dan berisiko memunculkan penipuan dan penggiringan opini melalui gambar atau video palsu lewat deepfake.

"Apalagi memasuki musim kampanye politik, tentu AI bisa disalahgunakan untuk kepentingan tertentu," tandas Menko Perekonomian itu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA