Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelora Minta MK Tegas Tolak Proporsional Tertutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 16 Mei 2023, 13:31 WIB
Gelora Minta MK Tegas Tolak Proporsional Tertutup
Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah/Net
rmol news logo Mahkamah Konstitusi (MK) diminta menolak gugatan sejumlah pihak yang menginginkan pemilu kembali ke sistem proporsional tertutup.

Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah. Dia menegaskan, sistem proporsional terbuka jauh lebih baik daripada sistem proporsional tertutup.

Mantan Wakil Ketua DPR RI Periode 2009 hingga 2014 itu menuturkan, dengan proporsional terbuka semua calon legislatif (caleg) dapat saling berkompetisi.

Tetapi, jika menggunakan proporsional tertutup, para caleg ini tinggal terima jadi saja berdasarkan nomor urut, karena kedekatannya dengan petinggi parpol.

“Makanya saya berharap semoga sistemnya terbuka, biar semua caleg tempur,” kata Fahri Hamzah seperti dikutip redaksi lewat keterangan resminya, Selasa (16/5).

Saat ini, MK masih menyidangkan gugatan tersebut, dengan mendengarkan keterangan banyak organisasi yang menjadi pihak terkait dan keterangan para ahli.

Dalam sidang Senin (15/5), Ketua MK Anwar Usman MK menepis dugaan bahwa lembaganya sengaja mengulur-ulur sidang.

“Ada beberapa pihak yang menyatakan MK seolah-olah sengaja lambat untuk memutuskan. MK tidak mungkin memutus tanpa mendengar para pihak tidak menggunakan haknya,” ujar Anwar Usman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA