Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Prediksi Akan Banjir Sengketa Pencalegan di Akhir Pendaftaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 04 Mei 2023, 19:23 WIB
Bawaslu Prediksi Akan Banjir Sengketa Pencalegan di Akhir Pendaftaran
Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono/RMOL
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengantisipasi potensi menumpuknya ajuan sengketa proses pemilu pada tahapan pendaftaran bakal calon anggota legislatif.

Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono menjelaskan, berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, sengketa proses pemilu dalam tahapan pencalegan terjadi di masa akhir pendaftaran.

"Biasanya potensi sengketa itu banjir itu di akhir," ujar Totok dalam diskusi bertajuk "Antisipasi Banjir Sengketa pada Pendaftaran Caleg 2024", yang digelar Bawaslu berkolaborasi dengan Koalisi Pewarta Pemilu (KPP), di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (4/5).

Ketua Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI ini menuturkan, ada beberapa sebab yang membuat keterlambatan mendaftar menjadi sebab banjirnya sengketa proses di tahapan pencalegan.

"Juga problem Silon (sistem informasi pencalonan), karena akun silonnya ngadat, servernya kurang (besar), sehingga upload data persyaratan yang harus disampaikan parpol kesulitan," katanya.

Maka dari itu, Totok mendorong parpol agar mengetahui regulasi yang telah dibuat KPU dalam hal pencalegan, agar potensi banjir sengketa proses pemilu dalam tahapan pencalegan tidak terjadi.

"Biasanya keterlambatan pendaftaran bacalon di hari-hari terakhir potensinya seperti itu," demikian Totok menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA