Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar School of Thinker, IMM Ciputat Minta Progresif Sikapi Revolusi Informasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yudhistira-wicaksono-1'>YUDHISTIRA WICAKSONO</a>
LAPORAN: YUDHISTIRA WICAKSONO
  • Selasa, 14 Februari 2023, 19:49 WIB
Gelar <i>School of Thinker</i>, IMM Ciputat Minta Progresif Sikapi Revolusi Informasi
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ciputat menggelar kegiatan School of Thinker/Ist
rmol news logo Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ciputat menggelar kegiatan School of Thinker yang mengusung tema “Intelektualisme Digital: Memetakan Posisi IMM Hadapi Revolusi Data”.

Kegiatan yang digelar tanggal 9 hingga 12 Februari 2023 ini, diikuti kader IMM se-Indonesia yang berasal dari Ciputat, Cirendeu, Tangerang, Jakarta Timur, Bandung, Sukaharjo, Yogyakarta, Kulon Progo, Medan.

Ketua Pelaksana School of Thinker, Muhamad Bukhari Muslim, menjelaskan tujuan kegiatan ini ialah untuk mendiskusikan perkembangan dan revolusi informasi secara kritis dan serius.

“Kader-kader IMM harus aktif di ruang-ruang digital. IMM harus kontekstual dengan zaman. IMM harus punya sikap yang progresif dalam menyikapi revolusi informasi,” ujar Muhamad.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka pada kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber yang cakap berbicara tentang digitalisasi dan big data. Di antara narasumber yang hadir ialah Ismail Fahmi, Founder Drone Emprit;, Dedi Sutiadi, Penggiat Media dan Ketua Umum PC IMM Ciputat 2012-2013; Dr. Aji Sofanudin, Kepala Pusat Riset Agama dan Kepercayaan BRIN; Dr. Ulfah Mawardi, Staf Khusus Kementerian PPPA RI, dan David Krisna Alka, Deklarator JIB.

Ismail Fahmi dalam paparannya, menegaskan sebelum merebut narasi di medsos, kader IMM harus memiliki narasi besar (grand narasi) yang ingin diperjuangkan dan dimasifkan.

“Kalian harus punya satu narasi besar yang ingin dibawa ke gelandang media sosial. Dalam hal ini, salah satu narasi besar yang bisa kalian perjuangkan dan masifkan ialah narasi Islam berkemajuan," katanya.

"Silakan menyebarkan narasi ini di berbagai platform digital dan tampil membahas pelbagai isu dengan perspektif Islam berkemajuan," ujarnya lagi.

Hal itu diamini Dedi Sutiadi, yang menyampaikan agar kegiatan harus memiliki output yang bersifat jangka panjang.

Menurutnya, kader-kader IMM yang terhimpun dalam kegiatan School of Thinker ini dapat mengembangkan suatu platform digital yang nantinya menjadi wadah kawan-kawan IMM dalam menyampaikan sudut pandang dan perspektifnya atas berbagai isu yang berkembangan di media sosial.

“Kegiatan ini tidak boleh berhenti hanya sampai di sini saja. Kader IMM harus aktif mengisi narasi di setiap sudut-sudut platform digital,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA