Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakde Karwo Balik ke Naungan Beringin, Elektabilitas Golkar di Jatim Bakal Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 05 Januari 2023, 14:44 WIB
Pakde Karwo Balik ke Naungan Beringin, Elektabilitas Golkar di Jatim Bakal Naik
Politikus senior Golkar Jatim, Soekarwo/Net
rmol news logo Putusan mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Soekarwo, untuk  meninggalkan Partai Demokrat akan memberi dampak terhadap peta politik di Jawa Timur. Khusus bagi Partai Golkar, elektabilitas partai tersebut dinilai bakal terdongkrak untuk wilayah Jatim.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam menilai, masuknya politikus senior yang akrab disapa Pakde Karwo ke Golkar itu akan berpengaruh besar terhadap peta kekuatan partai politik di Jatim.

"Kehadiran Pak Karwo memang sebagai tokoh dan patron akan berpengaruh di Jawa Timur, tapi kalau level nasional ya tidak terlalu, menurut saya," tegas Surokim, Kamis (5/1).

Surokim menerangkan, Pakde Karwo punya pengaruh signifikan di Jatim. Sebab, Pakde Karwo pernah menduduki jabatan sebagai Gubernur Jatim selama 2 periode.

"Kalau di Jatim signifikan, karena memang beliau jadi gubernur dua kali, kontestasi Pilgub dua kali, jaringan, pengalaman lapangan, kontes untuk meraih voters, memang beliau punya basis," tambahnya.

Oleh sebab itu, Golkar dinilai mendapat energi baru dengan masuknya Pakde Karwo.

"Untuk kontestasi politik di Jawa Timur, kehadiran Pakde Karwo saya kira membawa energi baru untuk Golkar yang baru saja ditimpa masalah tangkap tangan KPK,”tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA