Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Skema Penyelamatan Ekonomi UMKM Di Tengah Krisis Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 15 April 2020, 22:06 WIB
Dua Skema Penyelamatan Ekonomi UMKM Di Tengah Krisis Covid-19
Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki/Ist
rmol news logo Potensi krisis ekonomi domestik karena pandemik virus Covid-19 sudah siap diantispasi pemerintah. Salah satunya dengan menyelematkan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengatakan, 99 persen ekonomi Indonesia ditopang oleh UMKM.

"UMKM itu 99 persen pelaku usaha ekonomi di Indonesia, dan 98 persennya itu adalah level mikro yang karakter usahanya itu dikerjakan oleh sendiri atau melibatkan keluarga," ujar Teten Masduki dalam jumpa pers virtual yang diselenggarakan di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (15/4).

Namun selama masa pandemik Covid-19 ini, 98 persen UMKM level mikro mulai terdampak cukup dalam lantaran UMKM jenis ini mendapat keuntungan secara harian. Karena itu, pemerintah memastikan akan menajalankan dua skema untuk memberikan stimulus bagi pelaku usaha UMKM.

"Mitigasi terhadap dampak ekonomi terhadap UMKM itu lewat 2 skema," tegas Teten Masduki.

Untuk skema pertama ialah dengan memberikan kelonggaran-kelonggaran ekonomi bagi UMKM. Kedua, memberikan bantuan sosial (Bansos) bagi UMKM yang level mikro dan ultra mikro.

"Terutama di sektor mikro dan ultra mikro yang memang tidak bisa lagi berjualan. Mereka sudah betul-betul harus segera ditolong, tidak bisa lewat mekanisme ekonomi," pungkas Teten Masduki. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA