Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Setara: Salah Satu Masjid Di UI Tempat Kelompok Intoleran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 02 November 2017, 05:44 WIB
Survei Setara: Salah Satu Masjid Di UI Tempat Kelompok Intoleran
(Kiri) Peneliti Setara Institute Sudarto/Net
rmol news logo Penelitian Setara Institute mengungkapan Kota Depok dan Bogor menjadi tempat perkembangan gerakan atau paham radikalisme.

Peneliti Setara Institute Sudarto menjelaskan sepanjang Juli hingga Oktober 2017, dirinya melakukan penelitian ke sejumlah pesantren, masjid hingga universitas di Depok. Bahkan untuk bisa masuk lebih dalam, Sudarto mengaku harus mengenakan pakaian yang biasa digunakan komunitas pengajian dan memanjangkan jengotnya.

"Ada beberapa pengajian yang mengatakan kegiatan hanya untuk internal, supaya bisa masuk, saya memakai celana cingkrang," ujarnya saat diskusi di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (1/11).

Lebih lanjut, dalam penelusurannya masjid yang berada di lokasi perumahan dan kampus dinilai menjadi sarang radikalisme dan intoleransi, dari sana jugalah dirinya mendapatkan adanya kelompok masyarakat di Depok yang menanamkan kebencian pada kelompok lain. Salah satunya ia temukan di salah satu Masjid Ukhuwah Islamiyah di Universitas Indonesia.

"Mereka anggap sebagai musuh-musuh Islam seperti Ahmadiyah, Syiah, Komunisme, Jaringan Islam Liberal serta lesbian, gay, biseksual dan transgender," ujarnya.

Berdasarkan penelitian tersebut, tercatat ada 529 masjid dan 927 musala di Depok. Jumlah itu terdiri dari masjid pemerintah atau BUMN, masjid donasi individu, masjid umum di perumahan dan masjid kampus. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA