Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Embrio Terorisme Sudah Ada Di Tengah Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 26 Mei 2017, 03:05 WIB
Embrio Terorisme Sudah Ada Di Tengah Masyarakat
Susaningtyas Kertopati
rmol news logo Pemberantasan terorisme merupakan tanggung jawab semua warga negara yang cinta tanah air. Pemberansan itu bukan cuma tanggung jawab lembaga intelijen dan aparat keamanan semata.

Demikian disampaikan mantan anggota Komisi I DPR Susaningtyas Kertopati saat dihubungi (Kamis, 25/5), terkait ledakan bom di Kampung Melayu kemarin.

"Embrio terorisme sudah ada di tengah masyarakat. Jadi, peran aktif kita juga harus ada terhadap gejala sosial radikalisme dan lain-lain. Elemen-elemen yang kiranya mudah terpengaruh radikalisme dan sejenisnya harus kita waspadai bersama," terang doktor bidang intelijen ini.

Dari pihak Pemerintah, kata dia, butuh peran aktif secara interdepartemental. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Agama harus bekerja aktif hingga ke tingkat akar rumput masyarakat.

"Tujuannya, agar ajaran-ajaran dan ajakan-ajakan yang radikal bisa terbendung dan sedapat mungkin diberantas," ungkapnya.

Dalam melawan aksi teror itu, lanjutnya, peran serta tokoh masyarakat sangat besar. Pola patron client di masyarakat Indonesia masih besar untuk didengar dan dijalankan.

"BIN, sebagai koordinator, tentu saja sangat membutuhkan kerja sama yang baik dan simultan dengan seluruh elemen masyarakat. Sehingga, tidak ada celah bagi mereka yang ingin bermain di air keruh. Kita harus memberikan support positif kepada BIN, Polri, TNI, BNPT, Kementerian Agama, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memerangi terorisme," jelasnya.

"Deradikalisasi harus gunakan berbagai pendekatan, dari soft power yang bersifat kultural hingga hard power jika dibutuhkan. Jangan lupa, ISIS masuk ke semua negara juga melalui pendekatan budaya. Mari membangun masyarakat yang damai sejahtera bersama,” tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA