Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mari Jadikan Insiden Yang Dialami KM Menjadi Jalan Penerang Agar Kita Semua Sadar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 13 Januari 2017, 07:08 WIB
Mari Jadikan Insiden Yang Dialami KM Menjadi Jalan Penerang Agar Kita Semua Sadar
Jasra Putra
rmol news logo Nasib tragis yang dialami oleh bocah berusia empat tahun, KM, semoga membuat masyarakat untuk lebih peduli dan memperhatikan anak-anak Indonesia.

KM ditemukan sudah tidak bernyawa di sungai lumpur Kompleks Kokoda, Kilometer 8, Kota Sorong, Papua Barat pada Selasa lalu (10/1).  Korban diduga telah diperkosa sebelum dibunuh dan ditanam di sungai berlumpur.

"Mari jadikan meninggalnya adik perempuan kita KM menjadi jalan penerang kita semua untuk sadar, lebih peduli dan bergerak semakin melindungi anak anak Indonesia," ungkap Ketua Kesehatan dan Kesra PP Pemuda Muhammadiyah, Jasra Putra, pagi ini.

"Kita mendoakan semoga adinda KM tenang dan kejadian ini menjadi momentum mengakhiri kejahatan seksual di Indonesia," sambung Koordinator Program Ayah Hebat PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Dalam merespons kasus tersebut, pemerintahan jangan seperti pemadam kebakaran dan cenderung reaktif. Kedepan perlu diinisiasi dan disahkan RUU Pengasuhan Anak sebagai salah satu solusi terhadap persoalan hulu pencegahan dan penanganan anak secara komperhensif

Lebih jauh dia menjelaskan beberapa fakta kejadian seperti yang dialami KM tersebut pelaku adalah anak putus sekolah. Untuk itu pemerintah daerah harus aktif melakukan edukasi dan menfasilitasi pendidikan kepada anak-anak Papua terutama yang putus sekolah.

"Sudah selayaknya Negara memberi akses dan pilihan bagi anak anak yang putus sekolah. Dengan mengoptimalkan program program Pemerintah Pusat ke daerah. Apalagi Papua punya prioritas dalam Otonomi Khusus," ungkapnya.

Jasra juga mengingatkan dalam penanganan ABH (Anak Berhadapan dengan Hukum), agar memperhatikan dan menerapkan UU Sistem Peradilan Pidana Anak.

Pemuda Muhammadiyah sendiri, dia menambahkan, akan lebih aktif melakukan edukasi dan menjadi teladan di masyarakat. "Untuk itu PP PM terus melakukan 10 Gerakan Ayah Hebat yang aplikatif dan edukatif, diantaranya dalam rilis ini menyertakan flyer peran ayah hebat dan mulia," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA