Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Terduga Teroris Tewas Saat Melawan Pakai Golok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 25 Desember 2016, 16:46 WIB
Dua Terduga Teroris Tewas Saat Melawan Pakai Golok
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tim Densus 88 Antiteror berhasil menggerebek markas terduga teroris di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (25/12). Ada 4 terduga teroris yang digerebek, 2 di antaranya dinyatakan tewas saat penggerebekan.

Keempat terduga teroris ini diduga tengah merencanakan aksi teror pada saat malam pergantian tahun.

"Mereka akan merencanakan aksi pidana terorisme pada hari raya Natal dan Tahun Baru 2017," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar kepada wartawan, Minggu (25/12).

Adapun keempat terduga teroris itu bernama Rijal alias Abu Arham (29), Ivan Rahmat Syarif (28), Abu Sofi alias Abu Azis alias Mas Brow, dan Abu Faiz. Abu Sofi dan Abu Faiz merupakan terduga teroris yang tewas saat penggerebekan.

Adapun kronologi kejadian dimulai pada pukul 11.30 WIB saat tim Densus 88 menangkap 2 terduga teroris atas nama Rijal dan Ivan yang merupakan warga Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Penangkapan dilakukan di Desa Karang Layung, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sempat terjadi perlawanan dengan menggunakan pisau, sebelum petugas berhasil membekuk keduanya.

Lalu pada pukul 12.30 WIB, berdasarkan informasi yang didapat dari keduanya, diketahui bahwa masih ada 2 rekan lainnya yang bersembunyi di kolam apung Waduk Jatiluhur. Setelah berkoordinasi dengan Sat Polair Polres Purwakarta Polda Jawa Barat, Tim Densus bergerak menuju ke lokasi penggerebekan.

Peringatan dan perintah untuk menyerahkan diri tidak diindahkan kedua terduga teroris. Abu Faiz justru merespon peringatan itu dengan keluar membawa golok untuk menyerang petugas. Ia berhasil dilumpuhkan hingga tewas di tempat.

Hal yang sama juga diikuti Abu Sofi, yang juga tewas saat dilumpuhkan tim Densus 88.

Setelah itu, pihak Polres Purwakarta melakukan olah tempat kejadian perkara dan berkoordinasi dengan tim penjinak bom Polda Jawa Barat. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA