Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi I Ingin Indonesia Memiliki Satelit Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 28 September 2016, 13:15 WIB
Komisi I Ingin Indonesia Memiliki Satelit Sendiri
Ilustrasi/Net
rmol news logo . Komisi I DPR RI menyelenggarakan Rapat Kerja dengan Kementrian Pertahanan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9).

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Asril Hamzah mengatakan, rapat ini diselenggarakan untuk membahas tentang Indonesia yang selama ini hanya menggunakan satelit asing. Padahal satelit tersebut juga digunakan untuk pertahanan keamanan.

Karena Itu, menurutnya seharusnya Indonesia bisa memiliki satelit sendiri, agar nantinya dapat dioperasikan secara bebas.

"Kan ini menyangkut ketahanan dan pertahanan negara. Nah kalau kita menyewa lalu negara lain yang operasi tentu akan berbahaya untuk keamanan sendiri," katanya.

Apalagi, tambahnya, sejak tahun 2015, Kemenhan sudah merencanakan agar Indonesia memiliki satelit sendiri.

"(Sebab) Kita selalu koordinasi dengan airbus. Oke untuk buat itu karena LBN. LBN itu besar berapa slot itu kita manfaatkan ditambah lagi yang besar itu GSO, orbit satu dua tiga bujur timur itu sebentar lagi habis masanya itu yang diatur internasional telekomunikasi dunia (ITU). Oleh karena itu, ini perlu dipercepat supaya kt ga kehilangan hak atas orbit satu dua tiga bujur timur," jelasnya.

Rapat itu dihadiri oleh Menteri Telekomunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Pertahanan yang diwakili oleh Sekjen Kemenhan Laksdya TNI Widodo. [ysa]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA