Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Budi Gunawan Mampu Kembangkan Fungsi dan Peran BIN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 23 Agustus 2016, 01:40 WIB
Budi Gunawan Mampu Kembangkan Fungsi dan Peran BIN
Budi Gunawan/Net
rmol news logo Dukungan terhadap Wakapolri Komjen Budi Gunawan untuk menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (KaBIN) terus menguat belakangan.

Direktur Indonesia Visioner, Azhar Kahfi mengatakan, hal tersebut wajar saja terjadi lantaran Budi Gunawan dianggap mampu mengembangkan fungsi dan peran BIN ke depan.

Secara pribadi, Azhar juga merasa demikian. Dia meyakini bahwa BG dapat mengembangkan strategi pembangunan dan informasi.
 
"BG memiliki kemampuan komunikasi yang mampu menghilangkan dikotomi sektoral dalam pelaksanaan peran fungsi strategi intelijen kelak," kata dia kepada redaksi, Senin malam (22/8).

Ketua Bidang PB HMI periode 2013-2015 ini menjelaskan, dengan pengalamannya di Polri, Budi Gunawan juga dirasa mempu mampu menangani spektrum-spektrum yang sempat terkendala di BIN.

"Konstruksi lembaga intelijen di era orde baru memang tidak membentuk divisi-divisi intelejen di tingkat kementerian, melainkan membentuk divisi pengamanan yang secara teoritik lingkupnya adalah counter intelligence. Hal itu membuat peran dan fungsi BIN masih cenderung negatif responnya dalam strategi pembangunan.

Karenanya, dia sangat yakin BG bisa merubah konstruksi tersebut untuk membuat BIN lebih baik lagi nantinya.

"Dari pemahaman sederhana tersebut, generasi millenneal ini dapat mengukur kinerja intelijen, apakah mampu mencegah ancaman atau justru tambah gaduh?  Dalam dinamika antar kepentingan nasional, atau dinamika multi-nasional," demikian Azhar. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA