Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Alasan Santoso Dianggap Pahlawan Versi Kapolri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 04 Agustus 2016, 20:14 WIB
Ini Alasan Santoso Dianggap Pahlawan Versi Kapolri
Tito Karnavian/Net
rmol news logo Pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur, Santoso rupanya pernah didaulat menjadi pahlawan di daerah tempat tinggalnya oleh masyarakat setempat. Makanya, warga berbong-bondong mengantar mayatnya ketika pemakaman dilakukan.

Hal itu disampaikan Kapolri Tito Karnavian saat menghadiri Dialog bersama tokoh lintas agama di kantor Center for Dialog and Cooperation among Civilisations (CDCC), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/8)

"Santoso kenapa sampai dikuburkan dan ratusan orang datang, bukan seolah membela ideologi radikalnya, tapi dia adalah pahlawan pada saat terjadi konflik," katanya.

Tito menjelaskan, di mata masyarakat tempat Santoso tinggal, dia dan kelompoknya dianggap paling berjasa karena berada di garda terdepan untuk melindungi masyarakat, utamanya umat muslim yang merupakan minoritas saat konflik Poso berlangsung.

"Di desa warga muslim yang menjadi minoritas, warga nasrani menyerang dan kelompok Santoso berada di garis depan membela. Jadi Santoso adalah pahlawan, apapun tugas belakangan menjadi radikal itu nomor dua, tapi nomor satu pada saat konflik dia melindungi mereka," demikian Tito. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA