Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan: Negara Aman, Jangan Beli Alutsista Berlebihan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 23 Februari 2016, 18:47 WIB
Menhan: Negara Aman, Jangan Beli Alutsista Berlebihan
Ryamizard/net
rmol news logo Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengaku tidak mau terlalu bernafsu membeli alat utama sistem pertahanan (Alutsista). Menurutnya, saat ini kondisi Indonesia relatif aman dan belum membutuhkan persenjataan yang berlebih.

"Kita tak akan beli yang mubazir. Kalau negara-negara yang ada musuhnya akan siapkan itu (alutsista) tapi kita kan tak ada musuh," ujar Ryamizard di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (23/2).

Ryamizard pun membuat tolak ukur dengan kondisi kawasan Asia Tenggara selama hampir separuh abad ke belakang. Dalam waktu 48 tahun terakhir memang tidak ada pertikaian yang mengarah kepada konflik antar negara.

Namun demikian, dia tetap mencanangkan prioritas pertahanan pada satu isu yakni terorisme. Seperti diketahui, banyak pengaruh radikalisme mengarah pada terorisme yang tersebar di kalangan generasi muda bangsa dan dunia maya.

Dalam hal itu, Ryamizard mengakui negara tentu butuh pertahanan tapi tindak defensif terhadap berbagai aliran radikalisme yang berujung pada terorisme tidak memerlukan alutsista berlebih.

"Ancaman kita itu teroris, pakai bela negara saja cukup. Tidak usah pakai gitu-gituan (alutsista)," tegas mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu. [wah] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA