Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terkait Kemanusiaan, Kodam Siliwangi Siap Sambut Mantan Anggota Gafatar

Jumat, 22 Januari 2016, 13:09 WIB
Terkait Kemanusiaan, Kodam Siliwangi Siap Sambut Mantan Anggota Gafatar
Kolonel Robertson
rmol news logo Bila diperlukan, jajaran ‎Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi akan menjemput dan membina para mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Jawa Barat.

Kesiapan itu menyusul evakuasi 97 warga Jabar dan Banten yang adalah anggota eks Gafatar dari Kalimantan Barat.

‪"Bila diminta pemer‎intah provinsi kami siap, tetapi bila tidak diminta pun kami juga akan ikut turun tangan karena ini tentang kemanusiaan," kata Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi, Kolonel Robertson Ismail, saat dihubungi, Jumat (22/1).

Lagi-lagi jika diminta, Kodam III/Siliwangi juga akan memberikan pembinaan terhadap mantan anggota Gafatar setibanya di Jabar. Pembinaan ini dilakukan untuk mengembalikan pemahaman mantan anggota Gafatar tentang Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

"Bila diminta membina, kami siap karena ini merupakan kewenangan Kementerian Agama dan Kementerian Pertahanan," ujarnya, seperti dikutip dari rmoljabar.com.

‪Rencananya, hari ini sebanyak 97 anggota eks Gafatar asal Jabar dan Banten akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Mereka berasal dari beberapa daerah, seperti Tasikmalaya, Depok, Bogor, Cirebon, Banten, Bekasi, Kuningan, Garut, dan Bandung. Mantan anggota Gafatar  itu akan kembali ke tanah Jawa dengan menggunakan KRI Teluk Amboina menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jawa Tengah. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA