Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BOM STARBUCKS

Koesnadi Kardi: Sutiyoso Terlalu Terbuai Pujian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 15 Januari 2016, 05:50 WIB
Koesnadi Kardi: Sutiyoso Terlalu Terbuai Pujian
Sutiyoso dan Din Minimi/net
rmol news logo . Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso tampak terlalu terbuai dan pulas dengan pujian Presiden Joko Widodo atas keberhasilan membujuk kelompok bersenjata Din Minimi di Aceh. Sehingga tidak bisa mengantisipasi teror di kawasan Sarinah Jakarta, Kamis (14/1).

"Kepala BIN terlalu terbuai dengan pujian, jadi BIN gagal dan kecolongan," kata pengamat militer Marsekal Muda TNI (Purn) Koesnadi Kardi usai menjadi pembicara diskusi di Universitas Paramadhina, Jakarta Selatan, Kamis.

Harusnya, intelijen kata Koenadi bisa mengantisipasi terjadinya bom dan penembakan yang terjadi di jantung Ibukota tersebut. Ditambah lagi, kata Koesnadi, interaksi atau komunikasi pelaku teror harusnya bisa segera direkam sebelumnya.

"Semua itu bisa dilakukan lewat perlatan, sumber daya manusianya dan cara intelijen menganalisa yang canggih. Kepala BIN jelas kecolongan," ujar Koesnadi.

Selain itu, Koesnadi juga menegaskan intelejien TNI dan Kepolisian harusnya sudah canggih dengan adanya pelatihan operation research di tubuh masing-masing.

"Pembekalan operatioan research untuk intelijen 2,5 tahun. Berarti ini belum efektif. Alat kan tinggal beli. Masalahnya ada di SDM," demikian Koesnadi. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA