Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

WNI DISANDERA OPM

Pemerintah Cuma Bisa Andalkan Papua Nugini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 17 September 2015, 11:08 WIB
rmol news logo Pemerintah Indonesia ternyata tidak bisa melakukan pembebasan secara langsung terhadap dua WNI yang disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah Papua Nugini (PNG). Pemerintah hanya bisa koordinasi dan bekerja sama dengan pihak Papua Nugini.

"Kan begini, sandera ini berada di wilayah PNG. Apapun yang dilakukan Indonesia itu atas kerja sama PNG. Tidak mungkin kita masuk ke PNG," ucap Menteri Luar Negeri RI, Retna Marsudi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/9).

Yang jelas, kata Menlu Retno, pemerintah terus melakukan koordinasi dengan pihak PNG. Kemarin malam, Menlu Retno melakukan komunikasi dengan Menlu dan Panglima TNI PNG.

"Pesan yang kami sampaikan dengan PNG adalah bahwa kita siap melakukan kerjasama. PNG akan kembali melakukan upaya pembebasan dan kita akan terus berkordinasi dengan yang di lapangan," imbuhnya.

Untuk pembebasan itu, lanjut Retno, pihak PNG sudah menambah pasukan. Namun, untuk perkembangan detailnya, Retno tidak bisa mengungkapkan secara rinci.

Retno juga membantah kabar ada sandera WNI yang meninggal karena disekap OPM itu. "Belum, belum," ucapnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA