Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Faktor Keamanan Dukung Pembangunan Ekonomi Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 15 Agustus 2014, 03:16 WIB
Faktor Keamanan Dukung Pembangunan Ekonomi Nasional
dai bachtiar/net
rmol news logo Faktor keamanan dianggap penting dalam mempersiapkan pembangunan perekonomian nasional. Apalagi, awal 2015 pasar bebas negara-negara di Asia Tenggara (AEC) mulai diberlakukan.

"Secara internal dalam negeri, masih terdapat potensi gerakan separatis dan konflik horizontal. Sedangkan secara eksternal, potensi konflik di ASEAN sebetulnya relatif tinggi. Kejahatan juga berkembang semakin maju, kejahatan transnasional dan kejahatan cyber sebagai contoh," kata mantan Kepala Polri Jenderal (Purn) Dai Bachtiar dalam diskusi bertema 'Darurat AEC 2015, Kesiapan Keamanan ASEAN Menghadapi Pasar Bebas' di Jakarta, Kamis malam (14/8).

Dia menjelaskan, aspek keamanan nasional dan perekonomian memiliki kaitan signifikan. Potensi ekonomi yang dimiliki Indonesia baru dapat terkonversi optimal jika didukung keamanan nasional yang kokoh.

Mantan Duta Besar RI untuk Malaysia ini menambahkan, keamanan nasional hanya dapat terwujud dengan didukung sistem pemerintahan dan birokrasi berkualitas. Agar, pembentukan regulasi dan kebijakan berlangsung efektif dan efisien.

"Sekarang ini banyak regulasi yang tumpang tindih bahkan benturan antar pemangku kepentingan di pusat dan daerah," tegas Dai.

Pada kesempatan yang sama, pakar kajian hubungan internasional dari CSIS, Philips J. Vermonte menambahkan, Indonesia hingga kini belum mengedepankan demokrasi, pembangunan dan stabilisasi ASEAN.

"Harus berkembang lebih jauh karena terdapat studi yang menyebutkan bahwa Indonesia hari ini telah tumbuh menjadi pemain global tapi masih tertinggal dalam hal pembangunan demokrasi, pembangunan dan stabilisasi," bebernya.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA