Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KRI USMAN-HARUN

Gita Wirjawan Tolak Intervensi Singapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Jumat, 07 Februari 2014, 17:19 WIB
Gita Wirjawan Tolak Intervensi Singapura
gita wirjawan/net
rmol news logo Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Gita Wirjawan, menghargai protes Singapura terhadap pemberian nama KRI Usman-Harun.

"Menghargai keberatan Singapura, sebagai negara tetangga, namun RI punya hak penuh untuk memakai nama KRI Usman Harun sebagai cara untuk menghormati tokoh yang dianggap sebagai pahlawan oleh rakyat Indonesia," kata Gita dalam pernyataan persnya, Jumat (7/2).

Menurutnya, pemberian nama KRI Usman Harun sudah melalui seleksi, tahapan, prosedur yang baku dalam cara menghormati pahlawan di Indonesia.

Protes Singapura merupakan kebiasaan diplomasi yang lazim ditempuh mengingat hubungan ke peristiwa masa lalu, khususnya perasaan keluarga korban peristiwa pemboman Macdonald House di Orchad Road tahun 1965.

"Namun protes ini tidak boleh menjadi alat intervensi ke persoalan domestik RI. Apalagi mengingat PM Singapura, Lee Kuan Yew juga telah menunjukkan rasa hormat kepada kedua pahlawan RI ini lewat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan pada 1975," ujarnya.

Gita mengajak Singapura meningkatkan persahabatan regional, namun tetap dalam kerangka menghormati kedaulatan masing-masing. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA