Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suzuki Kembangkan Mobil Tanpa Pengemudi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 17 Juni 2024, 12:51 WIB
Suzuki Kembangkan Mobil Tanpa Pengemudi
Suzuki Motor/Net
rmol news logo Produsen kendaraan Jepang Suzuki Motor telah mulai mengembangkan mobil kompak berteknologi self-driving atau tanpa pengemudi.

Proyek minicar tersebut dibangun berkat kerja sama perusahaan dengan startup Tier IV, yang mengembangkan teknologi mengemudi otonom dan membantu produsen mobil dalam penerapannya.

Dikutip dari Nikkei Asia, Senin (17/6), Tier IV akan mengembangkan prototipe penggerak otomatis menggunakan kendaraan Suzuki yang sudah ada di pasaran. Untuk proyek ini, Suzuki telah memberikan tambahan mod sebesar 8 miliar yen (Rp822,4 miliar).

Kedua perusahaan telah menjalin hubungan bisnis dan bersama-sama melakukan uji coba mobil yang dilengkapi sistem Tier IV pada tahun 2022.

Diluncurkan pada 2015, startup Tier IV mempromosikan Autoware, sebuah sistem operasi untuk mobil self-driving yang dikembangkan oleh Nagoya University, National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, dan lainnya.

Autoware adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dapat digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja. Hal ini memungkinkan Tier IV untuk bekerja sama dengan perusahaan mana pun di dunia untuk mengembangkan teknologi self-driving yang canggih.

Selain dari Suzuki, Tier IV juga sudah mendapat modal dari Yamaha Motor dan Isuzu Motors.  

Yamaha bertujuan untuk memperkenalkan teknologi penggerak otomatis dalam sistem transportasi pabrik, sementara Isuzu sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi teknologi tersebut dalam layanan bus. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA