Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Sampah Didorong Bisa Mandiri Secara Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 28 September 2024, 04:16 WIB
Bank Sampah Didorong Bisa Mandiri Secara Ekonomi
Pembinaan bank sampah di Jakarta/Ist
rmol news logo Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta terus membangun sinergi dengan berbagai kelompok masyarakat dalam mengurangi sampah, salah satunya dengan komunitas bank sampah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengtakan, pihaknya mendorong agar seluruh bank sampah di Jakarta dapat terus berkembang dan mencapai kemandirian ekonomi.

"Selama ini kami terus melakukan pembinaan, pendampingan, dan memberikan kesempatan untuk ikut serta dalam acara-acara besar seperti Festival Ekonomi Sirkular (FES). Ini menjadi momentum mereka untuk meningkatkan skala bisnisnya," kata Asep dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (28/9).

DLH juga memberikan penghargaan melalui Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan (AMPL), di mana bank sampah yang berprestasi diberikan pengakuan atas kerja keras mereka dan dukungan uang pembinaan. 

Selain itu, berbagai workshop dan program pembinaan terus diadakan untuk meningkatkan kapasitas Bank Sampah agar dapat beroperasi secara lebih efektif dan efisien.

Salah satu program penting yang mendukung pengembangan bank sampah adalah kolaborasi dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Divers Clean Action (DCA) melalui Project Phinla, yang membantu meningkatkan kualitas pengelolaan sampah serta menciptakan ekosistem sirkular yang berkelanjutan.

"Kami berharap ke depan, bank sampah tidak hanya menjadi tempat pengurangan sampah, tetapi juga menjadi model usaha yang mandiri dan ekonomis bagi masyarakat Jakarta," tutup Asep.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA