Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Audit: UKW-BUMN Gate Tidak Menyimpang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 23 Juli 2024, 20:43 WIB
Hasil Audit: UKW-BUMN Gate Tidak Menyimpang
Ketua Umum Pengurus Pusat PWI, Hendry Ch Bangun/RMOL
rmol news logo Audit yang dilakukan akuntan independen terhadap program pendidikan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang disponsori Forum Humas BUMN atau dikenal dengan "UKW-BUMN Gate" tidak menemukan penyimpangan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat PWI, Hendry Ch Bangun dalam rapat pleno Pengurus Harian PWI di Gedung Pers Lantai IV, Jakarta, Selasa (23/7).

"Hasilnya tidak ditemukan penyimpangan material dan signifikan atas laporan faktual penerimaan dan pengeluaran program UKW," kata Hendry.

Adapun audit tersebut dilakukan akuntan independen untuk periode 1 Desember 2023 hingga 30 April 2024 dengan nomor laporan 008/HT/LAI/VII/24. Disebutkan dalam hasil audit, PWI Pusat telah melaksanakan Surat Keputusan (SK) terkait tata cara pembagian insentif.

Namun, PWI Pusat diminta untuk meninjau kembali SK mengenai peruntukan cashback karena dianggap rancu dengan istilah gratifikasi.

"Selain itu, PWI Pusat disarankan mengimplementasikan SOP yang telah dibuat pengurus," jelas Hendry.

Ia juga menyebutkan, rapat pleno telah memberikan persetujuan bulat untuk mengesahkan laporan akuntan independen dari Kantor Akuntan Publik Haryo Tienmar.

"Rapat pleno telah secara bulat memberikan persetujuan untuk mengesahkan laporan audit tersebut," urai Hendry.

Dengan demikian, hasil audit tersebut menepis tudingan penyimpangan yang selama ini dialamatkan kepada PWI. PWI Pusat juga memastikan program UKW berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
 
"Tuduhan tersebut sama sekali tidak benar," pungkas Hendry. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA