Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DKI Diultimatum segera Bereskan Ratusan RW Kumuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 12 Juli 2024, 05:39 WIB
DKI Diultimatum segera Bereskan Ratusan RW Kumuh
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin/Ist
rmol news logo Politikus Kebon Sirih mendesak Pemprov DKI Jakarta untuk segera menuntaskan penataan RW kumuh yang tercatat masih berjumlah 450 RW.

"Jumlah kawasan kumuh di Jakarta memang banyak, bahkan di samping gedung-gedung mewah banyak," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin dikutip Jumat (12/7).

Politikus PKS ini menerangkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), masih ada 450 RW kumuh pada 2023, untuk itu perlu adanya penataan yang masif, agar pada 2027 tidak ada lagi lingkungan RW kategori kumuh di Jakarta.

Khoirudin mengimbau Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta bersama BPS segera menindaklanjuti agar penataan Kota Jakarta berjalan dengan lancar.

"Saya berharap memang seiring dengan DKI menjadi DKJ (Daerah Khusus Jakarta) harus segera dituntaskan (penataan RW kumuh)," kata Khoirudin.

Menurutnya, salah satu upaya yang bisa dilakukan Pemprov DKI yakni membangun hunian vertikal atau rumah susun (Rusun), khusus masyarakat menengah ke bawah.

"Paling tidak, perbanyak bangunan ke atas, rumah susun diperbanyak untuk penataan permukiman kumuh," kata Khoirudin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA