Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Hemat Rp100 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 30 Juni 2024, 21:06 WIB
Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Hemat Rp100 Juta
Monumen Nasional/Net
rmol news logo Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta mencatat hal positif dari aksi pemadaman listrik dan lampu di Jakarta pada Sabtu malam (29/6) selama satu jam, dari pukul 20.30-21.30 WIB.

Kepala Dinas LH Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, aksi ini merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menyolisasikan target pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen pada tahun 2030.

Hal ini telah tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 14 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon.

“Penghematan konsumsi listrik sebesar 69 MWh, data ini merupakan selisih beban listrik antara Sabtu (22/6) pekan lalu sebesar 107 Mwh, dengan Sabtu (29/6) kemarin sebesar 38 MWh, di waktu yang sama pukul 20.30-21.30,” kata Asep dari keterangannya, Minggu (30/6).

Asep mengatakan, daya sebesar 69 MWh ekuivalen dengan Rp 100.336.598 dengan asumsi tarif penggunaan listrik Rp 1.444,70 per KWh. Sementara untuk penurunan emisi karbon (CO2) sebesar 59,03 ton.

“Angka ini didapat dari perhitungan 69 MWh x 0,85 kg CO2 per KWh,” kata Asep.

Menurut Asep, aksi ini dilakukan di seluruh bangunan atau gedung kantor Pemprov DKI Jakarta, kecuali rumah sakit, puskesmas, klinik dan fasilitas yang mengandalkan daya listrik.

Selain itu, pemadaman listrik juga dilakukan di jalan penerangan umum (JPU) pada ruas jalan protokol dan arteri.

Rinciannya untuk Jakarta Pusat berada di Jalan Sudirman (dari ruas Dukuh Atas sampai Gedung Sampoerna Strategic)dan Jalan MH Thamrin.

Lalu seputaran Jalan Medan Merdeka (kecuali Medan Merdeka Utara depan Istana Presiden), Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, kompleks kantor Balai Kota, dan kompleks kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Kemudian untuk Jakarta Selatan pemadaman dilakukan di Jalan Prapanca Raya, Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman, Jalan Rasuna Said, halaman Wali Kota Jakarta Selatan.

Selanjutnya untuk Jakarta Timur pemadaman dilakukan di Jalan Dr. Sumarno, Jalan Perintis Kemerdekaan dan kompleks kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Berikutnya untuk Jakarta Barat pemadaman dilakukan di Jalan Daan Mogot, Jalan Kembangan Raya dan kompleks kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Terakhir di Jakarta Utara, pemadaman dilakukan d Jalan Yos Sudarso, Jalan Perintis Kemerdekaan dan komplek kantor Wali Kota Jakarta Utara.

“Pemadaman juga dilakukan di Monumen Nasional, Patung Arjuna Widjaya, Bundaran Hotel Indonesia, Patung Pemuda dan Patung Pahlawan Jenderal Sudirman,” pungkas Asep. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA