Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baznas Bangun Jembatan Darurat di Sumbar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 15 Mei 2024, 13:50 WIB
Baznas Bangun Jembatan Darurat di Sumbar
Baznas Tanggap Bencana (BTB) membangun jembatan darurat yang menghubungkan desa Sungai Jambu Kecamatan Pariangan/Ist
rmol news logo Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) membangun jembatan darurat yang menghubungkan desa Sungai Jambu Kecamatan Pariangan yang terisolir akibat banjir bandang.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan mengatakan, langkah ini diambil untuk memulihkan aksesibilitas dan mendukung upaya pemulihan masyarakat yang terdampak di desa Sungai Jambu yang dihuni sekitar 6.000 jiwa.

"Baznas membangun jembatan darurat agar jalan penghubung masyarakat yang terputus bisa terhubung kembali," kata Saidah Sakwan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/5).

Banjir bandang yang terjadi beberapa hari lalu telah menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur, termasuk jalan dan jembatan, yang mengisolasi beberapa desa.

“Sebagai langkah awal, kami telah membangun jembatan darurat untuk memastikan bahwa masyarakat bisa kembali beraktivitas dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan,” tutur Saidah.

Saidah mengatakan, banjir yang menerjang di enam kecamatan di daerah Sumbar yaitu di kecamatan Lima Kaum, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Pariangan, Kecamatan Batipuh, Kecamatan X Koto dan Kecamatan Sungai Tarab terjadi sekitar pukul 22.30, Sabtu (11/5).

"Kami menerjunkan sebanyak 22 personel yang terdiri dari BTB Provinsi Sumbar, BTB Agam, BTB Tanah Datar dan BTB Lima Puluh Kota," kata Saidah.  

Bencana banjir dan banjir bandang melanda enam kecamatan di Sumbar pada Sabtu malam (11/5). Hingga saat ini berdasarkan data sementara dari BNPB, 43 orang meninggal dunia dan belasan orang masih hilang.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA