Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunung Ruang Berstatus Level 4 Awas, 11 Ribu Warga Harus Dievakuasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 18 April 2024, 00:07 WIB
Gunung Ruang Berstatus Level 4 Awas, 11 Ribu Warga Harus Dievakuasi
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari/RMOL
rmol news logo Aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, terus meningkat. Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung itu dari level 3 Siaga menjadi Level 4 Awas, pada Rabu (17/4) pukul 21.00 WITA.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, imbas erupsi Gunung Ruang, diperkirakan ada 11 ribu warga yang harus dievakuasi.

"Besok pagi warga yang tinggal dengan radius enam kilometer di Kecamatan Tagulandang (Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara) harus dievakuasi. Akan kami kosongkan," kata Abdul Muhari kepada wartawan melalui Zoom Meeting, Rabu malam (17/4).

Menurut Abdul Muhari, untuk data resmi, saat ini sebanyak 272 Kepala Keluarga atau 828 jiwa mengungsi. Rinciannya 45 jiwa berada di Gedung BPU Kecamatan Tagulandang dan sebanyak 783 jiwa berada di rumah kerabat dan saudara di daratan Pulau Tagulandang.

Lokasi pengungsian berada di Gereja GMIST Nazareth Bahoi, Balai Latihan Kerja Bahoi, GOR Tagulandang, Balai Pertemuan Umum (BPU) di Kecamatan Tagulandang. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA