Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Simak! Empat Jalan Tol Ini Gratis Selama Libur Lebaran 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 22 Maret 2024, 18:57 WIB
Simak<i>!</i> Empat Jalan Tol Ini Gratis Selama Libur Lebaran 2024
Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octavian/Net
rmol news logo Sebanyak empat ruas jalan tol baru akan digratiskan sepanjang periode mudik Lebaran 2024.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana memaparkan jalan tol tersebut yakni ruas Jakarta-Cikampek II Selatan (arus balik) segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

Jalan tol fungsional itu disiapkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

"Pertama kami siapkan ruas fungsional Tol Japek II Selatan sepanjang 8,5 km segmen Sadang-Kutanegara," kata Lisye dalam konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (22/3).

Menurut Lisye, tol tersebut sebelumnya juga telah dioperasikan secara fungsional pada Lebaran 2023. Jalur tol ini difungsikan untuk mengurai lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta, khususnya jika gerbang tol Kalihurip Utama padat.

Jalan tol kedua yang digratiskan yaitu ruas Solo-Yogyakarta segmen Colomadu-Ngawen sepanjang 22,3 km.

Khusus periode lebaran tahun ini, terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari yang sebelumnya hanya Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km, menjadi 22,3 km.

Nantinya, jalur fungsional tersebut akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali, kemudian ke Jalan Nasional Yogyakarta-Solo.

Jalur itu akan beroperasi pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Sementara jalan tol ketiga yaitu tambahan satu lajur di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 sampai KM 210+190 sepanjang 2,04 km. Kemudian terakhir, adalah akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang, baik arah Jakarta maupun arah Bandung.

Pada periode mudik lebaran kali ini diperkirakan ada 1,86 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek selama periode H-7 sampai dengan H-2, mulai 3 sampai dengan 8 April.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA