Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Poros Muda Tuntut Aktivitas Tambang di Lebak Dihentikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 12 Januari 2024, 20:26 WIB
Poros Muda Tuntut Aktivitas Tambang di Lebak Dihentikan
Poros Muda Nusantara (PMN) melakukan aksi demonstrasi di Kantor PT Cemindo Gemilang TBK Gama Tower 43th Floor Jalan HR. Rasuna Said Kav C-22 Jakarta Selatan/Ist
rmol news logo Sejumlah mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Poros Muda Nusantara (PMN) melakukan aksi demonstrasi di Kantor PT Cemindo Gemilang TBK Gama Tower 43th Floor Jalan HR. Rasuna Said Kav C-22 Jakarta Selatan.

Massa mendesak perusahaan untuk menghentikan akvitas pelabuhan khusus yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Koordinator Nasional Poros Muda Nusantara Admiral Ronika menyampaikan, pihak perusahaan harus bertanggung jawab atas nasib nelayan dan petani setempat. Terlebih aktivitas pertambangan tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No. 4 Tahun 2012.

"Kami minta pihak perusahaan menghentikan aktivitas produksi pertambangan yang tidak sesuai dengan Peraturan Menteri LHK di mana jarak minimal 500 meter dari pemukiman warga," kata Admiral.

Lebih lanjut Admiral mengatakan bahwa sebelum aksi dilaksanakan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Dirjen Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) karena tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, aktivitas pertambangan juga telah mengganggu produksi perkebunan dan persawahan. Karena dengan adanya pertambangan di wilayah tersebut menyebabkan perairan yang mengaliri sawah menjadi kering.

"Kami meminta aktivitas PT. Cemindo Gemilang dihentikan sampai janji kepada nelayan ditepati," tutup Admiral. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA