Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wamenaker ke Republik Korea, Bahas Permintaan Penyelia Halal dan Kompeten

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Rabu, 20 Desember 2023, 18:04 WIB
Wamenaker ke Republik Korea, Bahas Permintaan Penyelia Halal dan Kompeten
Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, saat kunjungan kerja ke Republik Korea/Ist
rmol news logo Dalam rangka mendapatkan informasi, khususnya terkait pengembangan sertifikasi halal yang ada di Republik Korea, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, kunjungan kerja ke Busan Indonesia Center (BIC), bertemu CEO BIC, Kim Soo Il.

“Saya ingin kunjungan ke BIC ini menghasilkan tambahan pengetahuan yang bermanfaat, khususnya bagi pengembangan sertifikasi halal di Republik Korea,” kata Wamenaker, awal pekan ini.

Dia juga menuturkan, Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 telah menetapkan, bahwa pelaku usaha di Indonesia wajib menyediakan SDM penyelia halal di perusahaannya. Keberadaan penyelia halal merupakan bagian penting dari ekosistem halal.

Selain itu, lanjut Afriansyah, pihaknya juga telah menerbitkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi penyelia halal di Indonesia.

“Indonesia telah memiliki penyelia halal. Namun hingga kini belum ada permintaan dari negara lain untuk mempekerjakan penyelia halal,” katanya.

Selain membahas soal penyelia halal, pertemuan Wamenaker dengan CEO BIC juga membahas persiapan bekerja di Korea, baik melalui skema P to P, G to G, maupun mandiri atau perseorangan.

Untuk itu Afriansyah menyarankan BIC berkolaborasi dengan Pusat Pasar Kerja yang dimiliki Kemnaker dalam melakukan penyebarluasan informasi lowongan pekerjaan di Republik Korea.

“Saya berharap peluang kerja bagi calon Pekerja Migran Indonesia dan Pekerja Migran Indonesia di Republik Korea dapat lebih berkembang,” harapnya.

Usai bertemu CEO BIC, Wamenaker juga berkunjung dan berdialog dengan para Pekerja Migran Indonesia di perusahaan manufaktur Sejin Valve Industry, Busan.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA