Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng PWI Jabar, Unpas Siapkan Lulusan Ilmu Komunikasi Lewat Workshop SKPI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 19 Desember 2023, 09:18 WIB
Gandeng PWI Jabar, Unpas Siapkan Lulusan Ilmu Komunikasi Lewat Workshop SKPI
Dekan Fisip Unpas beserta jajaran dan mitra saat memulai Workshop SKPI di Aula Unpas, Jalan Lengkong Besar, Kota Bandung/Ist
rmol news logo Workshop Kompetensi Pendukung Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) disambut antusias 420 mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pasundan (Unpas) angkatan 2020.

Kegiatan workshop digelar di Aula Kampus Unpas, Jalan Lengkong, Kota Bandung pada 16-20 Desember 2023.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unpas Rasman Sonjaya mengatakan, SKPI adalah dokumen tambahan di luar ijazah dan transkip nilai guna menunjang mahasiswa bila nantinya dibutuhkan saat melamar kerja.

"Jadi SKPI ini lebih mendekatkan lulusan dengan dunia kerja, karena memiliki keterampilan-keterampilan yang lebih dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mendapatkan SKPI," kata Rasman dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Selasa (19/12).

Untuk menerbitkan SKPI, tahun ini Prodi Ilmu Komunikasi Unpas bermitra dengan 7 lembaga yang terpilih, mulai dari LSP P1 Unpas untuk skema asisten produser, Perhumas Bandung untuk junior public relations (PR), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat untuk skema digital journalism, Rakamin dan relasinya dengan kesempatan dunia kerja.

Berikutnya, Boleh Dicoba Digital (BDD), Chlorine Media Digital untuk skema digital marketing, dan ketujuh dengan Gema Nusa untuk skema Public Speaking dan Broadcasting.

Sementara Dekan FISIP Unpas Kunkunrat mengatakan, kegiatan SKPI ini merupakan yang kali kedua, di mana yang pertama diadakan untuk mahasiswa angkatan 2019. Lewat workshop ini, mahasiwa akan melihat masa depan terutama di dunia kerja.

"Ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa. Setelah mengikuti workshop ini, mahasiswa akan memperoleh sertifikat tentang kompetensi dasar. Sertifikat ini dapat dimanfaatkan saat mereka masuk dunia jurnalis bahkan kreator konten di media sosial," kata Kunkunrat.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA