Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seditjen Bina Pemdes Paudah: Mari Buat Sejarah Kepala Desa Belajar Lewat LMS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 15 Desember 2023, 19:09 WIB
Seditjen Bina Pemdes Paudah: Mari Buat Sejarah Kepala Desa Belajar Lewat LMS
Sekretaris Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Paudah (tengah)/Ist
rmol news logo Sekretaris Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Paudah, mengajak stakeholder terkait sungguh-sungguh merealisasikan peningkatan kapasitas aparatur desa lewat pelatihan berbasis Learning Management System (LMS).

Pelatihan berbasis LMS itu akan menjadi sejarah di Indonesia, dimana untuk pertama kalinya diterapkan kepada aparatur desa.

"Mari kita buat sejarah di republik ini, kepala desa juga belajar LMS, bukan hanya PNS," kata Paudah, saat menjadi nara sumber dalam acara rakornas evaluasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), di Hotel Golden Boutique Kemayoran, Jakarta, Jumat (15/12).

Dia juga menjelaskan, pelatihan berbasis LMS saat ini sedang dalam pengembangan dan ditargetkan beroperasi tahun 2024.

Menurut rencana, sebanyak 3.000 desa akan mengikuti pelatihan berbasis LMS pada 2024. "Semua punya gadget atau HP, tinggal buka HP untuk dapat pengetahuan," katanya.

LMS ini berfungsi sebagai media fasilitasi berbagai kegiatan pelatihan atau pengembangan kompetensi berbasis elektronik.

"Serta sebagai sarana dalam memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan pelatihan bagi aparatur desa," katanya.

Ia menerangkan, LMS PKAD ini untuk mendukung administrasi, dokumentasi, pelacakan, pelaporan, dan implementasi program peningkatan kapasitas yang akan dimanfaatkan perangkat desa melalui pelajaran lanjutan.

LMS juga untuk mendukung digitalisasi pembelajaran, pengembangan kapasitas, pengelolaan konten atau modul digital, dan untuk menyampaikan program pembelajaran yang efisien dalam rangka meningkatkan kompetensi inti dari pengguna.

Platform LMS ini akan mendukung pembelajaran mandiri yang serba cepat, pembelajaran campuran yang dipimpin oleh pelatih dan pembelajaran secara virtual, pembelajaran jarak jauh dan juga pembelajaran offline di area di mana akses internet terbatas atau tidak tersedia.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA