Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paudah: P3PD, Mindset Baru bagi Aparatur Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Minggu, 03 Desember 2023, 08:45 WIB
Paudah: P3PD, Mindset Baru bagi Aparatur Desa
Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Paudah/Ist
rmol news logo Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang belakangan digelar di semua daerah di Tanah Air, telah membawa pola pikir (mindset) baru bagi aparatur desa, terkait tata cara mengelola dana desa.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Paudah, melalui keterangan tertulis, di jakarta, Minggu (3/12).

"Jangan memaknai kualitas belanja desa berarti pendapatan asli desa (PADes) meningkat. Lebih luas dari itu adalah, bahwa P3PD benar-benar membuka mindset kepala desa dan jajaran agar dana desa digunakan untuk kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Kebutuhan masyarakat, kata dia, harus sesuai potensi yang ada di desa. Artinya, rencana penyusunan dan penggunaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) harus untuk kepentingan masyarakat.

Berdasarkan evaluasi selama sebulan pelaksanaan, P3PD telah berjalan sesuai harapan. "Sekitar 80 persen sudah berjalan sesuai apa yang kita ingin capai," katanya.

Yang menarik, pada sesi pelatihan itu para aparatur desa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang cara mengelola desa. Sejumlah provinsi juga berhasil menyelesaikan pelatihan lebih cepat, seperti Kepulauan Riau (Kepri), Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali.

Diakui Paudah, pelatihan tidak bisa hanya sekali, perlu adanya kesinambungan, mengingat dana desa yang digelontorkan sekitar Rp538,67 triliun selama 9 tahun pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa belum juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi secara nasional.

Karena produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tidak lebih dari 2 persen untuk saat ini.

Yang pasti, lanjut Paudah, P3PD telah memberikan mindset baru soal bagaimana membelanjakan keuangan desanya secara baik dan benar.

"Mereka belajar menyusun administrasi, merencanakan dan mengelola keuangan," tutupnya.

P3PD merupakan program kerjasama pemerintah RI dan Bank Dunia (World Bank). Pelatihan menyasar pada 33.458 desa atau hampir 45 persen dari total jumlah desa 75.265 Desa, atau hampir 50 persen dari total target desa lokasi P3PD, yakni 67.000 Desa.

Masing-masing desa melibatkan empat orang, berasal dari unsur penyelenggara pemerintahan desa dan pengurus kelembagaan desa, sehingga total peserta 133.832 orang.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA