Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPRD Usul Retribusi Sewa Lahan Makam di Jakarta Digratiskan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 15 Desember 2023, 00:31 WIB
DPRD Usul Retribusi Sewa Lahan Makam di Jakarta Digratiskan
Ketua Komisi D DPRD Provinsi DKI Jakarta Ida Mahmudah/Ist
rmol news logo Komisi D DPRD Provinsi DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengkaji penghapusan kebijakan retribusi sewa lahan makam kepada masyarakat sebesar Rp40 ribu hingga Rp100 ribu setiap tiga tahun.

Ketua Komisi D DPRD Provinsi DKI Jakarta Ida Mahmudah menilai, banyak masyarakat yang notabene sedang dirundung musibah meninggal dunia, merasa terbebani dengan beban biaya-biaya yang harus dibayarkan.

“Harusnya retribusi pemakaman itu di Rp0 (nol) kan. Mohon maaf, kami wakil rakyat kalau ada warga miskin yang meninggal, kain kafannya kami yang urus. Begitu menderitanya mereka,” kata Ida dikutip dari laman DPRD DKI Jakarta, Jumat (15/12).

Ida menyebut, retribusi sewa lahan makam tidak signifikan mempengaruhi pendapatan daerah di tiap tahunnya. Dengan demikian ia berharap Perda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang baru saja disahkan dapat lebih berpihak kepada masyarakat.

“Jadi menurut saya, sekarang inilah waktunya untuk dihilangkan retribusi pemakaman. Ini tidak seberapa kok. Dihapus aja,” kata politikus PDIP ini. rmol news logo article





Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA