Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Beras Naik Terus, Pedagang Warteg di Jakarta Kurangi Porsi Nasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 13 Oktober 2023, 10:19 WIB
Harga Beras Naik Terus, Pedagang Warteg di Jakarta Kurangi Porsi Nasi
Ketua Korda Jakarta Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) Izzudin Zidan/Ist
rmol news logo Pedagang warung Tegal atau warteg mengeluhkan terus melambungnya harga beras. Kondisi tersebut tentu membuat repot para pelaku usaha warteg dalam mengatur harga menu.

Ketua Korda Jakarta Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) Izzudin Zidan mengatakan, agar tidak merugi para pedagang mau tidak mau menyesuaikan porsi makanan.

"Ada yang mengganti piring yang lebih kecil agar ada penyesuaian tempat dengan pengurangan porsi nasi," kata Zidane melalui siaran persnya, Jumat (13/10).

Pengurangan porsi nasi itu, kata Zidan, demi tetap menjaga daya saing harga. Pasalnya, warteg mungkin akan mengurangi porsi atau jumlah bahan beras yang digunakan dalam hidangan mereka.

Menurutnya, pedagang juga berupaya menggunakan beras yang lebih efisien dalam setiap hidangan. Tujuannya, kata dia, agar mereka bisa membantu mengurangi dampak kenaikan harga.

"Misalnya, mengukur porsi beras dengan lebih teliti dan meminimalkan pemborosan," kata Zidan.

Zidan melanjutkan, ada pula pedagang warteg yang terpaksa menyesuaikan harga per porsinya untuk menyiasati kenaikan harga beras.

Sementara itu, pedagang Warteg Lurahe Bahari, Damus berharap pemerintah bisa mengendalikan harga beras supaya para pedagang warteg omsetnya tetap stabil.

"Seharusnya pemerintah bisa mengendalikan harga beras supaya  stabil," kata Damus.

Damus mengaku tidak berani menaikkan harga makanan karena khawatir pelanggannya protes.

"Saya nggak mungkin naikkan harga, nanti pelanggan berkurang. Palingan bisa kurangi porsi nasi," kata Damus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA